Friday, November 23, 2012

Hubungan Simbol Singa dengan Yahudi

Singa adalah raja hutan rimba. Singa identik dengan kekuatan, kegagahan dan kepemimpinan. Berbagai oraganisasi yang ada didunia ada yang menggunakan Singa sebagai simbolnya. namun tahukah emeses'er tentang asal-uusul simbol singa?

Lion of Judah
Simbol Singa ini berasal dari salahsatu simbol suku Bani Israel yaitu suku Judah. Dalam bahasa Hebrew, ia dikenal dengan suku Yahuda.

ia dimulai ketika Prophet Jacob (Nabi Yakub as) memuliakan anak keempatnya, yaitu Judah dengan gelar Gur Aryeh yang berarti Singa Muda. Ia bisa dilihat dalam kitab Old Tastament, Genesis 49:9

"You are a lion ‘s cub, O Judah; you return from the prey, my son. Like a lion he crouches and lies down, like a lioness-who dares to Rouse him?" (Genesis 49:9)

Judah adalah anak Jacob melalui istrinya Leah. Ini tertera dalam kitab Old Tastement, Genesis 35:23

"The sons of Leah: Reuben the firstborn of Jacob, Simeon, Levi, Judah, Issachar dan Zebulun." (Genesis 35:23)

12 suku Israel
Melalui keturunan Judah, Bani Israel telah menguasai wilayah Palestina dan Kanaan dan menciptakan sebuah negara yang kuat yang dikenal dengan Raya of Judah.

King Saul yaitu raja pertama Bani Israel adalah berasal dari suku Judah. Kemudian, King Saul diganti pula King David (Daud as), juga berasal dari suku Judah. Setelah wafatnya King David, King Solomon (Sulaiman) telah naik tahta. King Solomon adalah anak ke King David.

Bendera Raya of Judah pada saat itu tertera lambang singa. Singa itulah Lion of Judah. Ia banyak digunakan di seluruh wilayah yang dikuasai Bani Israel pada waktu itu.

Antara negara yang menggunakan simbol yang sama adalah Habasyah (sekarang dikenal Ethiopia). 

Diriwayatkan bahwa, anak ke King Solomon hasil pernikahannya dengan Ratu Sheba (Ratu Balqis) yaitu Menelik I telah berhijrah ke Habasyah dan membentuk sebuah negara di sana. 

Kini, negara Ethiopia telah menggantikan bendera lamanya yang menggunakan simbol Lion of Judah. Oleh karena itu, jika emeses'r melihat bendera Ethiopia yang dulu, akan mengerti mengapa simbol singa diletakkan pada bendera negaranya.
Bendera Ethiopia

Pada masa ini, kata Juruselam yang telah dikuasai rezim Zionis terpampang pembaruan simbol Lion of Judah.

Lambang Juruselam tertera Lion of Judah

Simbol Singa menjadi simbol keagamaan dan politik

Simbol ini mengalami zaman evolusi. Jika dahulu, ia digunakan oleh Raya of Judah, namun sekarang, simbol Lion of Judah digunakan oleh berbagai pihak. Kelaziman yang terjadi adalah orang Yahudi sering menggunakannya untuk menunjukkan identitas bangsa mereka. Namun, ini tidak berarti hanya bangsa Yahudi saja menggunakannya. Antara organisasi lain yang menggunakan secara luas adalah Rastafari.

Rastafari sebenarnya adalah satu agama yang baru yang berasal dari Afrika. ‘Agama’ ini menggunakan simbol Lion of Judah yang dianggap mereka sebagai lambang pemimpin agung mereka, Haile Selassie I. 

Menurut kepercayaan mereka, Haile Selassie I memiliki jalur keturunan yang sampai ke King David dan King Solomon. Ironisnya, Haile Selassie I adalah Kristen Katholik yang taat. Ia juga menyangkal tuduhan golongan Rastafari yang mengklaim ia adalah jelmaan kembali Yesus.


Haile Selassie I bersama seekor singa yang digelar Lion of Judah

Iran ( Dahulu Persia)

Iran sebelum Revolusi Islam pernah menggunakan simbol Singa dan Matahari dari tahun 1429 sampai 1979. Simbol Singa dan Matahari ini dipengaruhi oleh budaya Persia, Arab, Turki, Mongol dan Yahudi. 

Ketika pemerintah Safavid dari dinasti Qajar, simbol singa dan matahari ini lebih identik dengan ajaran Syiah. Menurut kepercayaan mereka, simbol singa berarti Imam Ali (Ali bin Abi Thalib). Sedangkan simbol matahari di belakang singa berarti King Jamshid yaitu seorang raja yang sangat dihormati oleh masyarakat Persia selama hidupnya.
Bendera Iran lama

Simbol Yesus

Kristen percaya bahwa simbol Lion of Judah adalah merujuk kepada Yesus. Kristen berlandaskan satu petikan ayat di dalam kitab suci mereka, yaitu Bible melalui Book of Revelation 5:5

"Then one of the elders said to me, “Do not weep! See, the Lion of the tribe of Judah, the Root of David, memiliki triumphed. He is able to open the scroll and its seven seals" (Book of Revelation 5:5)

Yesus terpercaya memiliki jalur keturunan dari King David, raja agung Bani Israel satu ketika dahulu. King David adalah keturunan suku Judah. Oleh sebab itu, hingga kini, banyak negara Kristen dan organisasi yang berlandaskan Kristen menggunakan simbol singa secara luas.

Antara negara yang menggunakan simbol Singa adalah Skotlandia, England, Armenia, Estonia, Denmark, Belanda dan Finlandia.

Satu buku pada abad pertengahan yang populer di Eropa yaitu Mediaval Bestiary menguraikan tentang berbagai jenis hewan termasuk singa. Singa dalam buku tersebut menurut mereka memiliki sifat ‘ketuhanan‘ seperti selalu waspada dan tidak tidur. Sifat alami Singa selalu membuka mata meskipun ia sedang tidur mirip sifat ketuhanan yaitu selalu berjaga-jaga dan tidak default.

Simbol singa ini menjadi simbol bagi seorang hawari Yesus yaitu Mark the Evangelist. Tetapi simbol singa Mark the Evangelist berbeda dengan Lion of Judah karena singa Mark memiliki sayap.

Patung singa bersayap di Piazzetta, Venice 
mewakili Hawari Yesus, Mark Mark the Evangelist

Lions Club

Sebuah organisasi yang didirikan oleh seorang mason yang bernama Malvin Jones di Amerika Serikat pada 1917 ini pun pakai Logo Singa.

Lions Club didirikan untuk membuat amal dan mengutip derma dan sudah tersebar ke seluruh dunia.

Mengenai Lion Club bisa buka kembali postingannya disini  



Metro Goldwyn-Mayer 

Di film Hollywood kita selalu menemukan seekor singa yang sedang mengaum. Siapakah di balik singa mengaum tersebut? Mereka adalah pemilik Metro Goldwyn-Mayer yaitu Samuel Goldwyn dan Louis B. Mayer. Mereka berdua adalah keturunan Yahudi-Amerika.


Sebagai penutup dari postingan ini, apa yang emeses'er harus sadari adalah kenapa setiap simbol yang berunsurkan singa yang disebut diatas harus memiliki kaitan erat dengan yahudi?

Untuk itu, agar kita terhindar dari fitnah Dajjal, jadilah orang yang selalu 
mau tahu dan ingin MENGENAL dan berhati-hatilah dengan apa yang terjadi di sekeliling kita karena tanpa disadari mereka sudah memperlakukan kita dengan pengaruhnya. (mss/a7)

Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Blogger Tips and TricksLatest Tips And TricksBlogger Tricks